Selasa, 18 Februari 2020

Resume TIK Kelas XI Semester 2

0 Comments
RESUME TIK XI (SEBELAS)


1.   Microsoft Excel merupakan spreadsheet yang berada pada keluarga “Microsoft Office”.
2.  Langkah-langkah untuk mengaktifkan Microsoft Excel adalah klik start > All Program > Microsoft Office > Microsoft Office Excel.
3.   Program aplikasi pengolah angka dikenal dengan istilah “Spreadsheet”.
4.   Langkah untuk merubah nama worksheet yaitu pilih sheet yang akan diberi nama > klik kanan pada mouse sehingga muncul menu pop up > klik rename > sheet akan ter-blok, ketik nama baru yang diinginkan > tekan enter.
5.  Bagian lembar kerja yang posisinya horizontal dan ditandai dengan angka disebut baris (Row), sedangkan lembar kerja yang posisinya vertikal dan ditandai dengan huruf abjad disebut kolom (Column).
6.   Pertemuan atau perpotongan antara kolom dan baris disebut “Sel”.
7.  Range adalah sekumpulan sel-sel (baris dan kolom) yang membentuk segi empat, baik persegi maupun persegi panjang.
8.  Kepala kolom diwakili dengan huruf (A-XFD) sedangkan baris diwakili dengan nomor (1-1048576).
9. Secara default, ketika membuka Microsoft Excel terdapat tampilan worksheet (lembar kerja) sebanyak 3 worksheet (sheet1, sheet2, dan sheet3).
10. Gabungan dari beberapa worksheet (lembar kerja) disebut “workbook (buku kerja)”.
11. Fungsi untuk menentukan jenis, pewarnaan, pembesaran, serta memberi efek pada huruf terdapat dalam group “Font”.
12. Tombol-tombol yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah disebut “Ikon”.
13. Ikon yang berfungsi untuk mengatur ukuran kertas yang digunakan terdapat pada tab “Page Layout”.
14. Secara default pada waktu mengaktifkan Microsoft Excel 2007, worksheet bernama “Book1”.
15.Tombol yang digunakan untuk membuat (new), membuka (open), dan menyimpan (save) file Microsoft Excel  serta keluar (close) dari Microsoft Excel adalah “Office Button”.
16. Title Bar (judul baris) terletak pada bagian paling atas pada jendela aplikasi.
17. Baris Tab merupakan bagian yang berbentuk tabulasi dan berisi serangkaian grup yang memuat beberapa tombol perintah untuk mengoperasikan Microsoft Excel.
18. Ribbon adalah berupa bilah yang berisi perintah-perintah dalam bentuk ikon berlabel yang dikelompokkan ke dalam beberapa tab.
19. Perintah untuk memindahkan isi sel adalah “Cut dan Paste”.
20. Penulisan data teks pada Microsoft Excel, secara otomatis rata kiri.
21. Insert > Insert Sheet Rows adalah perintah untuk menyisipkan baris.
22. Untuk mengubah tinggi baris dapat dilakukan melalui tombol format yang terdapat pada tab home group cell, kemudian pilih Row Height.
23. Untuk mengubah lebar kolom dapat dilakukan melalui tombol format yang terdapat pada tab home group cell, kemudian pilih Column Width.
24. Mengatur lebar sebuah kolom dapat juga dilakukan dengan cara klik dan drag garis batas kanan judul kolom/kepala kolom.
25. Jika muncul tanda “#####” pada sebuah sel, artinya data yang dimasukkan tidak mencukupi lebar kolom.
26. Perintah “Delete Sheet Rows“ digunakan untuk menghapus sheet baris pada posisi sel aktif.
27. Bagian jendela aplikasi Microsoft Excel 2007 yang berfungsi untuk menampilkan isi sel adalah “Formula Bar”.
28. Berikut merupakan simbol-simbol yang dapat digunakan untuk melakukan perhitungan “Operator Matematika” :
a.   (*) = untuk perkalian,
b.   (+) = untuk penjumlahan,
c.   (-) = untuk pengurangan,
d.   (/) = untuk pembagian,
e.   (^) = untuk perpangkatan, dll.
29.  Berikut merupakan cara cepat melalui keyboard terkait dengan manajemen file :
a.  Ctrl + C = untuk mengkopy / menyalin file,
b.  Ctrl + X = untuk perintah cut atau memindahkan file,
c.  Ctrl + V = untuk perintah Paste atau menempelkan file yang di copy atau di cut,
d.  Alt + F4 = untuk keluar atau menutup program.
30. Untuk menyimpan lembar kerja, langkah yang dilakukan adalah dengan klik Office Button > Save.  



------ooo{Selamat Menghafal}ooo------


LATIHAN :

Leave a Reply

Berkomentarlah dengan baik, sopan dan bijak,.!! Terima kasih,.-