Minggu, 11 Desember 2011

APA ITU VALENTINE,.?????

0 Comments

Versi Sejarah valentine Day

F     Pada tanggal 14 Februari 270 M, SAINT VALENTINE dibunuh karena menentang  peguasa Romawi yaitu Raja Claudius II (268-270M) untuk mengagung-agungkannya. kemudian dia dianggap sebagai simbol ketabahan, keberanian dan kepasrahan dalam menghadapi cobaan hidup para pengikutnya, maka diperingatilah hari kematian st.valentine sebagai upacara keagamaan.
F     Sejak abad ke-16 M, upacara keagamaan tersebut berubah bukan lagi menjadi upacara keagamaan melainkan hari valentine yang dihubungkan dengan pesta jamuan kasih sayang bangsa Romawi kuno yang disebut ’supercalis’ yang jatuh pada tanggal 15 Februari.
F     Bagaimanapun setelah orang-orang Romawi yang memeluk Agama Nasrani (kristian), pesta ’Supercalis’ kemudian dikaitkan dengan upacara kematian St.Valentine. Hari Valentine sebagai hari kasih sayang juga dikaitkan dg kepercayaan orang-orang Eropa bahwa waktu kasìh sayang itu dimulai ketika bersemi bagai burung jantan dan betina pada tanggal 14 Februari.
F     Kata Valentine hampir serupa bunyinya dengan perkataan ‘Galentine’ yang artinya ‘galant atau cinta’ dalam bahasa Perancis normaodia, makanya kebanyakan orang menjadikan tanggal 14 Februari itu sebagai tanggal paling sesuai untuk mencari pasangan.
F     Tanggal 14 Februari 1492 adalah tanggal jatuhya empayar Islam oleh bangsa Spanyol, karena pada waktu itu Islam dianggap sebagai agama yang zalim, maka St.Valentine telah mengisytiharkan tanggal tersebut sebagai tanggal bagi rakyat untuk berkasih sayang.
F     Pendeta St Valentine juga merupakan seorang pendeta utama yang hidup pada zaman pemerintahan Ratu Esabeja dan merupakan di antara orang terpenting yang menjatuhkan dan menzalimi umat Islam di Cordova Spanyol pada zaman dulu.
F     Menurut sejarah mitos, sambutan tersebut diasaskan oleh masarakat Roma yang beragama kristian sebagai untuk memperingati peristiwa pendeta yang di hukum mati oleh pemerintahan Roma,
Claudius II. SAINT VALENTINE di hukum mati karena mengawinkan salah seorang tentara secara rahasia, sedangkan undang-undang Roma pada waktu itu melarang pemuda berkawin atau berkeluarga, sebalikya di kerahkan untuk menjdi tentara.
F     Pada zaman pertengahan masarakat England dan Perancis menganggap 14 Februari sebagai hari burung-burung mencari pasangan, justru pada waktu itu mereka mulai meniru perbuatan burung dengan mengadakan hari mencari pasangan atau jodoh pada tanggal tersebut.
F     Tujuan pertama meyatakan hari valentine ada pada awal zaman Roma kristian, pada waktu itu penduduk asal Roma menyambut hari kebesaran serigala yaitu hari memperingati serigala yang dipelihara pendiri kerajaan Roma yaitu RUMULUS dan REMUS pada tanggal 15 Februari selain itu hari tersebut juga terkenal sebagai hari kebesaran LUPERCALIUS yaitu memperingati Februata Juno yang dianggap Tuhan bagi masarakat Roma yang bersimbolkan wanita dan perkawinan, pada hari tersebut gadis-gadis meletakan nama mereka disebuah kendi kemudian para pemuda akan mengambil nama-nama para gadis dari kendi tadi untuk mencari pasangan dan mereka bertukar cenderamata atau hadiah sebagai tanda kasih sayang.
F     Setelah pengaruh kristian meguasai kehidupan masyarakat Roma mereka menukarkan perayaan kebesaran tesebut dengan sesuatu yang lebih baik dan menempati ajaran agama kristian, mereka megumumkan perayaan itu diganti pada tanggal 14 Februari, sekaligus memperingati kematian pendeta St Valentine yang dihukum mati oleh pemerintahan Roma.
F     Simbol yang tidak asing lagi setiap hari Valentine ialah objek seorang anak kecil yang bersayap dan memegang busur anak panah, ia dinamakan CUPID dan digambarkan sebagai seorang anak Tuhan Venus yaitu Tuhan cinta dan kecantikan bagi masarakat Roma.


Maksud tersembunyi di balik sambutan valentine

Bersembunyi dibalik tema kasih sayang, musuh-musuh Islam berhasil mengubah persepsi masarakat dari amalan ritual menjadi budaya populer dalam masarakat. VALENTINE DAY dari namaya menunjunkan ia bukan dari budaya masarakat kita apalagi Islam, tetapi tanggal tersebut tetap ditungu-tunggu seakan hari itu saja yang sangat bermakna untuk meluahkan rasa kasih saying. Apakah hari lain tidak cukup istimewa untuk menyatakan perasaan cinta dan sayang? Bukankah dalam setahun terdapat 365 hari dalam hidup seseorang untuk menyatakan kasih sayang. Tetapi yang pasti tanggal keramat itu tetap menjadi pilihan khusus para remaja untuk bertemu sang pujaan hati masing-masing dan meyatakan perasaan cinta, biasanya sang lelaki akan menghadiahkan bunga, kadang ucapan yang penuh dengan kata-kata puities, yang paling beruntung adalah penjual kado dan bunga mendapat untung besar ditanggal tersebut.

VALENTINE bukan saja menular dikalangan masarakat non-muslim, sebalikya semakin menjadi budaya popular di kalangan umat Islam yang rata-rata hanya menyambut tanpa memperdulikan asal-usul tercetuskan perayaan tersebut. Valentine Day seolah-olah menghalalkan perhubungan lelaki dan perempuan yang tidak segan berpelukan, berciuman dan berkumpul bebas. Dalam kenyataanya pernah menegaskan seseorang diangap murtad atau keluar dari Islam sekiraya sambutan tesebut mirip dengan agama. Berdasarkan pada hadits shohih “Barang siapa yang melakukan perbuatan yang meyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongan tersebut”.

Umat islam agar tdk megikuti perbuatan yg bertentagan dg budaya islam sedangkan islam it lebih sempurna dan lengkap. Sedangkan islam megajak umaty saling meyayangi setiap wkt dan bukanya menetapkn hari2 tertentu. Bahkan jika qt tdk bertegur sapa dg saudara seislam selama tiga hari berturut2 hukumy pun udah haram.jadi budaya sendiri jauh lebih baek.

Budaya yg kini masuk umat islam tu turut serta merayakanya jelas sbgai budaya ikut ikutan,lebih parah lage jk umat islam turut megikuti masarakat yg bukan muslim yg menjdikan hari tsb sbgai hari kasih sayang.shinga melakukan kesalahan di karenakan atas nama cinta. Sebagai umat Islam qt lebih berhati2 di setiap tindakan agar qt tdk terjerumus di dlm sesuatu yg tdk di ketahui asal usulya. Dan janganlah kamu megikuti apa yg tdk menpunyai pegetahuan tentangya. Sesunguhya pendengaran. pengelihatan, dan hati, semuanya itu akan di minta pertangun jawbanya (Qs Al isra:36)

Cerita di blik sambutan valentine adlh megagung2kn seorng paderi.pedro st.valentino yg jelas menbenci islam sekaligus mengisytiyarkn tgl tsb sbgai tgl berkasih sayang krn ‘bebas’ dr pd cenkeraman pemerintahan islam, Justru jatuhy negara islam spayol di rayakan sbgai hari valentine. Orng2 yahudi dan nasrani tdk akan senang kpd kamu hinga kamu megikuti agama mereka.katakanlah,sesunguhya petunjuk Allah itlah petunjuk (yg benar)dan sesunguhya jika kamu megikuti kemauan mrk setelah pegetahuan datang kepadamu.maka Allah tdk lage menjadi pelindung dan penolong bagimu, Orang2 yg telah kami berikan al kitab kepadaya,mereka menbacayg dg bacaan yg sebenar2ya,mrk beriman kepadaya,dan barang siapa yg ingkar kepadaya,maka mereka itulah orng2 yg merugi(al baqoroh:120-121)

Tema berkasih sayang memang telah ada dlm ajaran islam sejak islam di angkat sbgai satu2y agama yg sempurna di muka bumi. Bedanya kasih sayang dlm islam lebih berkonsepkan ketaatan kpd Allah swt. karena kasih sayang inilah yg akan terus kekal dan menbawa kebahagian yg sebenary dlm kehdpan se2orang, Hakekatnya seorng hamba yg cinta dan kasih kpd Allah,pastiya akan cinta sesama manusia dg jalan yg benarkan oleh Allah,yg pasti,tiada yg lebih bernilai di muka bumi ini melainkan limpahan kasih sayang Allah terhadap hamba2ya.

Rasulallah SAW bersabda : Tujuh orang yg di lindungi oleh Allah dlm naungan-NYA yaitu : iman yg adil, pemuda yg sll beribadah kpd Allah, orng yg hatiy senantiasa terpaut kpd masjid, dua orng yg saling cinta mencintai krn Allah mereka bertemu dan berpisah karena Allah,seorng laki2 yg di ajak oleh perempuan kaya dan cantik melakukan maksiat, lalu dia berkata sesunguhya aku takut kpd Allah, seorang laki2 yg senantiasa bersedekah dg sembunyi2 shinga tangan kiriya tdk megetahui apa yg tlah di nafkahkn oleh tangan kananya, dan se2orang yg senantiasa ingat kpd Allah (berdzikir) di tempat yg sunyi sehinga mataya megalir airmata (HR bukhari).

Leave a Reply

Berkomentarlah dengan baik, sopan dan bijak,.!! Terima kasih,.-